Blogroll

Jumat, 09 Oktober 2020

RUMAH BELAJAR " KONTEN MENARIK UNTUK PEMBELAJARAN SISWA SECARA DARING"

RUMAH BELAJAR " KONTEN MENARIK UNTUK PEMBELAJARAN SISWA SECARA DARING"

Di era digital Abad 21  ini, siswa dapat menemukan informasi pada setiap hal, waktu dan setiap tempat melaui internet, telepon dansebagianya. Informasi yang tidak terbatas (apapun, dimanapun, kapanpun) dapat dicari oleh siswa melalui google, youtube, wikipedia dan lain-lain, sehingga  guru bukan lagi sumber informasi utama. Jadi bagaimana sebaiknya guru mengajarkan siswa di Abad 21, saat ini??  yakinlah bahwa siswa pasti tahu cara mencari segala informasi tersebut, tetapi tidak ada yang mengajarkan  mereka bagaimana cara: memvalidasi informasi,  mensintesis informasi, mengkomunikasikan informasi, berkolaborasi dengan informasi maupun memecahkan masalah dengan kolaborasi.  Begitu  pula dengan bagaimana  mengajarkan siswa belajar  tanggung jawab, kepercayaan, dan integritas, yang  semuanya tidak bisa dicari dengan sendirinya oleh siswa.    Salahsatu caranya, guru bisa mengawalinya dengan bagaimana memaksimalkan keterlibatan siswa dalam proses belajar.

Portal Rumah Belajar merupakan salah satu laman pembelajaran yang di dalamnya terdapat beragam konten dan aktivitas pembelajaran. Terdapat 4 (empat) fitur utama di Rumah Belajar, yaitu: Sumber Belajar, Kelas Digital., Bank Soal, dan Laboratorium Maya. Serta terdapat 5 fitur lainnya, yaitu : Buku Sekolah Elektronik, Modul Digital, Peta Budaya, Wahana Jelajah Angkasa, dan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan.

Konten Rumah Belajar selain dapat meningkatkan kompetensi akademik dan literasi bagi peserta didik juga dapat meningkatkan karakter kecakapan abad 21 di antaranya berfikir kritis, kreatif, komunikasi, kolaborasi dan percaya diri.

VIDIO PENGENALAN RUMAH BELAJAR 

silahkan lihat komentar siswa tentang rumah belajar berikut ini:


silahkan kunjungi:https://belajar.kemdikbud.go.id/

untuk lebih mengenal filtur-filtur rumah belajar. 

sumber : Pengenalan Modul 5 : Penerapan Pembelajaran Abad 21 Memanfaatkan Rumah Belajar  (https://simpatik.belajar.kemdikbud.go.id/)

vidio: testimoni pemanfaatan fortal rumah belajar oleh Komang Ayu Triandita Adi Pratiwi 





0 komentar:

Posting Komentar