|
SMA Negeri 1
Kerambitan |
Geografi |
X/Ganjil 2020/2021 |
Materi
Pokok: Pengetahuan Dasar Geografi |
|
|
|
Alokasi Waktu: 3 X 45 Menit |
Pertemuan : 1 |
|
|||
|
Kompetensi
Dasar (KD) 3.1.
Memahami pengetahuan dasar geografi dan terapannya dalam kehidupan
sehari-hari 4.1.
Menyajikan contoh penerapan pengetahuan dasar geografi pada kehidupan
sehari-hari dalam bentuk tulisan |
Kegiatan Pembelajaran Jarak jauh. Pendahuluan Seeking
of information ·
Guru
mengarahkan siswa melalaui Group WhatApp
tetang materi ajar dan konsep belajar jarak jauh ·
Memeriksa
kehadiran peserta didik / partisipan di zoom meating ·
Membuka
dengan salam dan berdoa untuk memulai pembelajaran
Kegiatan Inti
Apersepsi melalui aplikasi zoom ·
Guru
menyampaikan sekilas tentang materi yang akan diajarkan . ·
Guru
mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
Motivasi melalui aplikasi zoom. ·
Guru
memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari materi yg akan dibahas dalam
kehidupan sehari hari. ·
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran. ·
Guru
mengajukan pertanyaan tentang materi pembahasan. ·
Guru memberikan penugasan permasalahan sesuai tema ·
Siswa
mengumpulkan informasi berupa literasi dengan
memanpaatkan fortal https://belajar.kemdikbud.go.id pada
bagian sumber belajar dan https://nyomansupariarta.blogspot.com/
Acquisition
of information ·
Siswa mengasosiasi pembelajaran sesuai tema yang diberikan
·
Siswa Menyelesaikan permasalah sesuai tema
secara mandiri Synthesizing
of knowledge ·
Siswa
mengirim jawaban secara daring memanfaatkan aplikasi atau media yang ditentukan guru Penutup ·
Guru
melakukan evaluasi hasil belajar siswa secara daring |
||||
|
Tujuan Pembelajaran 3.1.1
Siswa dapat menjelaskan ruang lingkup pengetahuan geografi. 3.1.2
Siswa dapat menganalisis objek studi dan aspek geografi. 3.1.3
Siswa dapat menjelaskan konsep esensial geografi dan contoh terapannya. 4.1.1
Membuat contoh penerapan pengetahuan dasar geografi pada kehidupan
sehari-hari dalam bentuk tulisan |
|||||
|
Model
Pembelajaran Blended Learning |
|||||
|
Materi
Esensi · Ruang lingkup pengetahuan geografi · Konsep esensial geografi dan contoh terapannya - Pengertian geografi - Perkembangan ilmu geografi - Konsep esensial geografi · Obyek studi geografi |
|||||
|
Penilaian
Jarak jauh ·
Penilaian
sikap : Observasi selama pembelajaran ·
Penilaian
Pengetahuan : Tugas
mandiri ·
Penilaian
Ketrampilan : Hasil
capaian tugas
|
|||||
|
Media /
Sumber Belajar Buku Paket Geografi Kls X, YouTube,
Quizizz, geogle classroom.Zoom mettings, Webex, Google form,. Rumah Belajar https://belajar.kemdikbud.go.id,
https://nyomansupariarta.blogspot.com/
dan sumber belajar lainnya yang mendukung. |
|||||
|
|
|
||||
|
SMA Negeri 1
Kerambitan |
Geografi |
X/Ganjil 2020/2021 |
Materi
Pokok: Pengetahuan Dasar Geografi |
|
|
|
Alokasi Waktu: 3 X 45 Menit |
Pertemuan : 2 |
|
|||
|
Kompetensi
Dasar (KD) 3.1.
Memahami pengetahuan dasar geografi dan terapannya dalam kehidupan
sehari-hari 4.1.
Menyajikan contoh penerapan pengetahuan dasar geografi pada kehidupan
sehari-hari dalam bentuk tulisan |
Kegiatan Pembelajaran Jarak jauh. Pendahuluan Seeking
of information ·
Guru
mengarahkan siswa melalaui Group WhatApp
tetang materi ajar dan konsep belajar jarak jauh ·
Memeriksa
kehadiran peserta didik / partisipan di zoom meating ·
Membuka
dengan salam dan berdoa untuk memulai pembelajaran
Kegiatan Inti
Apersepsi melalui aplikasi zoom ·
Guru
menyampaikan sekilas tentang materi yang akan diajarkan . ·
Guru
mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
Motivasi melalui aplikasi zoom. ·
Guru
memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari materi yg akan dibahas dalam
kehidupan sehari hari. ·
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran. ·
Guru
mengajukan pertanyaan tentang materi pembahasan. ·
Guru memberikan penugasan permasalahan sesuai tema ·
Siswa
mengumpulkan informasi berupa literasi dengan
memanpaatkan fortal https://belajar.kemdikbud.go.id pada
bagian sumber belajar dan https://nyomansupariarta.blogspot.com. Acquisition
of information ·
Siswa mengasosiasi pembelajaran sesuai tema yang diberikan
·
Siswa Menyelesaikan permasalah sesuai tema
secara mandiri Synthesizing
of knowledge ·
Siswa mengirim
jawaban secara daring memanfaatkan aplikasi atau media yang ditentukan guru Penutup ·
Guru
melakukan evaluasi hasil belajar siswa secara daring |
||||
|
Tujuan Pembelajaran 3.1.4. Menjelaskan
prinsip geografi dan contoh terapannya. 3.1.5. Mengidentifikasi aspek-aspek geografi dan gejala-gejalanya
dalam kehidupan 3.1.6. Menunjukkan objek dan aspek geografi pada
peta yang memperlihatkan penerapan konsep dan prinsip geografi 4.1.2
Membuat contoh penerapan pengetahuan dasar geografi pada kehidupan sehari-hari
dalam bentuk tulisan |
|||||
|
Model
Pembelajaran Blended Learning |
|||||
|
Materi
Esensi Prinsip
geografi dan contoh terapannya 1. Prinsip persebaran 2. Prinsip timbal balik 3. Prinsip korologi 4. Prinsip penggambaran Aspek
geografi 1. Aspek fisik (alamiah) 2. Aspek sosial (kehidupan) |
|||||
|
Penilaian
Jarak jauh ·
Penilaian
sikap : Observasi selama pembelajaran ·
Penilaian
Pengetahuan : Tugas
mandiri ·
Penilaian
Ketrampilan : Hasil
capaian tugas
|
|||||
|
Media /
Sumber Belajar Buku Paket Geografi Kls X, YouTube,
Quizizz, geogle classroom.Zoom mettings, Webex, Google form,. Rumah Belajar https://belajar.kemdikbud.go.id,
https://nyomansupariarta.blogspot.com/
dan sumber belajar lainnya yang
mendukung. |
|||||
|
|
|
||||
|
SMA Negeri 1
Kerambitan |
Geografi |
X/Ganjil 2020/2021 |
Materi
Pokok: Pengetahuan Dasar Geografi |
|
|
|
Alokasi Waktu: 3 X 45 Menit |
Pertemuan : 3 |
|
|||
|
Kompetensi
Dasar (KD) 3.1.
Memahami pengetahuan dasar geografi dan terapannya dalam kehidupan
sehari-hari 4.1.
Menyajikan contoh penerapan pengetahuan dasar geografi pada kehidupan
sehari-hari dalam bentuk tulisan |
Kegiatan Pembelajaran Jarak jauh. Pendahuluan ·
Guru
mengarahkan siswa melalaui Group WhatApp
tetang materi ajar dan konsep belajar jarak jauh ·
Memeriksa
kehadiran peserta didik / partisipan di zoom meating ·
Membuka
dengan salam dan berdoa untuk memulai pembelajaran
Kegiatan Inti
Apersepsi melalui aplikasi zoom ·
Guru
menyampaikan sekilas tentang materi yang akan diajarkan . ·
Guru
mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
Motivasi melalui aplikasi zoom. ·
Guru
memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari materi yg akan dibahas dalam kehidupan
sehari hari. ·
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran. ·
Guru
mengajukan pertanyaan tentang materi pembahasan. ·
Guru memberikan penugasan permasalahan sesuai tema ·
Siswa
mengumpulkan informasi berupa literasi dengan
memanpaatkan fortal https://belajar.kemdikbud.go.id pada
bagian sumber belajar dan https://nyomansupariarta.blogspot.com/
·
Siswa mengasosiasi pembelajaran sesuai tema yang diberikan
·
Siswa Menyelesaikan permasalah sesuai tema
secara mandiri dengan membuat mand
mapping Penutup ·
Guru
melakukan evaluasi hasil belajar siswa secara daring |
||||
|
Tujuan Pembelajaran 3.1.7. Menjelaskan fenomena geosfer dengan menggunakan
pendekatan keruangan. 3.1.8.Menjelaskan fenomena geosfer dengan menggunakan
pendekatan kelingkungan. 3.1.9. Menjelaskan fenomena geosfer dengan menggunakan
pendekatan kompleks wilayah. |
|||||
|
Model
Pembelajaran Mand
Mapping |
|||||
|
Materi
Esensi ·
Pendekatan keruangan. ·
Pendekatan kelingkungan. ·
Pendekatan kompleks wilayah. |
|||||
|
Penilaian
Jarak jauh ·
Penilaian
sikap : Observasi selama pembelajaran ·
Penilaian
Pengetahuan : Tugas
mandiri ·
Penilaian
Ketrampilan : Hasil
capaian tugas
|
|||||
|
Media /
Sumber Belajar Buku Paket Geografi Kls X, YouTube, Quizizz, geogle classroom.Zoom mettings, Webex, Google form,. Rumah Belajar https://belajar.kemdikbud.go.id, https://nyomansupariarta.blogspot.com/ dan sumber belajar lainnya yang mendukung. |
|||||
|
SMA Negeri 1
Kerambitan |
Geografi |
X/Ganjil 2020/2021 |
Materi
Pokok: Pengetahuan Dasar Geografi |
|
|
|
Alokasi Waktu: 3 X 45 Menit |
Pertemuan : 4 |
|
|||
|
Kompetensi
Dasar (KD) 3.1.
Memahami pengetahuan dasar geografi dan terapannya dalam kehidupan
sehari-hari 4.1.
Menyajikan contoh penerapan pengetahuan dasar geografi pada kehidupan
sehari-hari dalam bentuk tulisan |
Kegiatan Pembelajaran Jarak jauh. Pendahuluan Seeking
of information ·
Guru
mengarahkan siswa melalaui Group WhatApp
tetang materi ajar dan konsep belajar jarak jauh ·
Memeriksa
kehadiran peserta didik / partisipan di zoom meating ·
Membuka
dengan salam dan berdoa untuk memulai pembelajaran
Kegiatan Inti
Apersepsi melalui aplikasi zoom ·
Guru
menyampaikan sekilas tentang materi yang akan diajarkan . ·
Guru
mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
Motivasi melalui aplikasi zoom. ·
Guru
memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari materi yg akan dibahas dalam
kehidupan sehari hari. ·
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran. ·
Guru
mengajukan pertanyaan tentang materi pembahasan. ·
Guru memberikan penugasan permasalahan sesuai tema ·
Siswa
mengumpulkan informasi berupa literasi dengan
memanpaatkan fortal https://belajar.kemdikbud.go.id pada
bagian sumber belajar dan https://nyomansupariarta.blogspot.com/
Acquisition
of information ·
Siswa mengasosiasi pembelajaran sesuai tema yang diberikan
·
Siswa Menyelesaikan permasalah sesuai tema
secara mandiri Synthesizing
of knowledge ·
Siswa
mengirim jawaban secara daring memanfaatkan aplikasi atau media yang ditentukan guru Penutup ·
Guru
melakukan evaluasi hasil belajar siswa secara daring |
||||
|
Tujuan Pembelajaran 4.2
Membuat laporan hasil pengamatan
tentang penerapan pengetahuan dasar geografi dalam kehidupan sehari-hari. |
|||||
|
Model
Pembelajaran Blended Learning |
|||||
|
Materi
Esensi ·
Penerapan pengetahuan dasar geografi
dalam kehidupan sehari-hari. |
|||||
|
Penilaian
Jarak jauh ·
Penilaian
sikap : Observasi selama pembelajaran ·
Penilaian
Pengetahuan : Tugas
mandiri ·
Penilaian
Ketrampilan : Hasil
capaian tugas
|
|||||
|
Media /
Sumber Belajar Buku Paket Geografi Kls X, YouTube,
Quizizz, geogle classroom.Zoom mettings, Webex, Google form,. Rumah Belajar https://belajar.kemdikbud.go.id,
https://nyomansupariarta.blogspot.com/
dan sumber belajar lainnya yang mendukung. |
|||||
|