PEMBELAJARAN DGBGC SOLUSI PEMBELAJARAN GEOGRAFI MASA
PANDEMI COVID-19 (Daring Geografi Berbasis Googlecomclassroom)
Dunia diguncang wabah yg sangat mengerikan dari akhir
tahun 2019 yakni wabah Severe
acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) yang lebih dikenal dengan nama virus
Corona. Virus ini adalah jenis baru dari
corona virus menyerang sistem pernapasan, Penyakit dari
infeksi virus ini disebut COVID-19. Virus ini
muncul di wuhan cina, menyebar ke seluruh dunia termasuk Indonesia. Menurut
data yang dirilis Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Republik
Indonesia, jumlah kasus terkonfirmasi positif hingga 14 Mei 2020 adalah 16.006
orang dengan jumlah kematian 1043 orang. Dari kedua angka ini dapat disimpulkan
bahwa case fatality rate atau tingkat kematian yang
disebabkan oleh COVID-19 di Indonesia adalah sekitar 6,5%. Case
fatality rate adalah presentase jumlah kematian dari seluruh jumlah
kasus positif COVID-19 yang sudah terkonfirmasi dan dilaporkan(ditinjau oleh dr. Merry Dame Cristy Pane dalam https://www.alodokter.com/virus-corona). Pengaruh
dari covid-19 dalam kehidupan tidak hanya pada dunia kesehatan, perekonomian,
pariwisata bahkan tidak dapat dipungkiri lagi dunia pendidikan mendapatkan
imbasnya. Mulai Senin, 16 Maret 2020 dikutip dari kompas, pemerintah dalam hal
ini Presiden
Joko Widodo menegaskan bahwa kebijakan untuk beraktivitas produktif di rumah
perlu dilakukan untuk menekan penyebaran virus corona atau penyakit Covid-19.
Adapun, aktivitas itu terutama terkait bekerja, belajar, juga beribadah. Hal
ini disampaikan Presiden Jokowi dalam konferensi pers di Istana Bogor(https://nasional.kompas.com/read/2020/03/16/15454571/jokowi-kerja-dari-rumah-belajar-dari-rumah-ibadah-di-rumah-perlu-digencarkan)
Dampak utama dari kebijakan ini adalah
bagaimana menciptakan pembelajaran jarak jauh, salah satu solusi yang
dicanangkan pemerintah yakni pembelajaran Daring (Dalam Jaringan) dan Luring
(Luar Jaringan). Bagi sekolah yang memiliki kelebihan akses internet yang
memadai solusi yang cocok adalah pembelajaran Daring. Pembelajaran Daring
merupakan pembelajaran jarak jauh yang memanfaatkan fasilitas internet. Tipe
pelajaran ini menuntut inovasi daripada guru mata pelajaran khusunya geografi
untuk berkreasi menciptakan pembelajaran yang menarik yang menggugah minat
siswa dalam belajar dalam masa pandemi, salah satu solusi yang diatawarkan
adalah DGBGC (Daring Geografi Berbasis googlecomclassroom). DGBGC adalah sosusi
yang ditawarkan dalam pembelajaran dalam masa pandemi covid-19. Tujuan dari
pembelajaran ini adalah agar siswa tetap tertarik belajar walupun di masa
pandemi sekalipun.
Pembelajaran
DGBGC adalah pembelajaran yang mengkreasikan teknologi yang dimiliki oleh google
yakni googlecomclassroom, handphone siswa dan guru terutama fasilitas WA
(whatsapp). Pembelajaran ini mucul dari pemasalahan yang dihadapi guru itu
sendiri dalam masa daring yang saat pembelajaran yang dilaksanakan hanya
menggunakan WA (whatsapp) cenderung membuat siswa bosan, sehingga saat siswa
mengumpulkan tugas yang diberikan cenderung lebih kurang bergairah. Googlecomclassroom
dalam pembelajaran geografi merupakan solusi terbaik dalam masa pandemi
dikarenakan filtur yang disajikan yang sangat lengkap yakni dapat shering
vidio, gambar, tulisan, membuat kelas belajar, membuat soal (googleform) dan
lainya. Apalagi dalam pembelajaran geografi yang menekankan pada hubungan
manusia dengan lingkungan. PGBGC yang
dilaksanakan melalui tahapan mengamati dari pada RPP (Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran) Geografi KLS X semester II dengan tema Pengaruh Atmosfer bagi
kehidupan manusia kemudian disusun RPP satu lembar dengan menyesuaikan dengan
keadaan siswa dan keadaan daripada lingkungan siswa, Kemudian disusun tahapan
kegiatan (1) Guru Meminta siswa bergabung dalam Kelas di googlecomclassroom
dengan memberikan kode kelas yang dikirim dengan fasilitas WA,kemudian siswa
bergabung dalam kelas yang telah dibuat (2) Guru memfasilitasi siswa mengajukan
pertanyaan mrenggunakan fasilitas komentar dalam google clasroom, dan WA
pribadi. (3) Guru memberikan materi pemahaman tentang dampak iklim bagi
kehidupan dengan mengirimkan dengan modul (4) Guru memberikan tema terhadap
siswa agar siswa mampu berkreasi sesuai dengan tema yang diberikan, agar
tercipta keadilan tema akan dibagi berdasarkan nomer absen (5) Siswa diberikan
berkreasi dalam memecahkan permasalahan yang diberikan sesuai tema (6) siswa
mengirimkan hasil pekerjaannya ke google clasroom. Dalam pembelajaran PGBGC
yang dilaksanakan siswa terlihat aktif dalam pelajaran yang diberikan dilihat,
hal ini dapat dilihat dari respon/tanggapan siswa atau pihak yang terlibat dalam pembelajaran yang
dilakukan) dari antusias siswa dalam
mengirimkan pekerjaan yang dibuat dalam bentuk VIDIO, tulisan ataupun presentasi.
Kelemahan dari pembelajaran ini adalah jaringan internet yang tersedia di rumah
masing-masing siswa kurang memadai, siswa
banyak tidak mengirimkan tugas dikarenakan tidak mampu membeli paket internet,
sehingga siswa terkendala dalam mengerjakan tugas yang diberikan. Maka solusi
yang ditawarkan adalah siswa diberikan keluasan tugas yang dikumpulkan
menggunakan jangka waktu. Pembelajaran PGBGC adalah solusi untuk mengatasi
pembelajaran dalam masa pandemi COVID 19 maka pembelajaran ini dapat dijadikan
referensi bagi guru geografi lainnya yang memiliki permasalahan serupa.
0 komentar:
Posting Komentar